Cara Menghitung Zakat Emas dan Perak

Zakat emas dan perak merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim yang mempunyai emas dan perak bila telah mencapai nisab dan haul.

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Emas dan Perak

Begini cara menghitung zakat emas dan perak;
Kalkulator Zakat Emas dan Perak
Emas gram
Perak gram
Jumlah zakat emas gram
Jumlah zakat perak gram
Zakat Emas dan Perak (jika dibayar dengan uang)
Harga 1 gram emas Rp
Harga 1 gram perak Rp
Jumlah zakat emas yang dikeluarkan Rp
Jumlah zakat perak yang dikeluarkan Rp
Total zakat emas dan perak yang dikeluarkan Rp



Apa itu zakat emas dan perak?

Zakat emas dan perak adalah zakat yang dikenakan atas emas atau perak yang telah mencapai nisab dan haul.

Ketentuan Zakat Emas dan Perak

Kadar zakat atas emas ataupun perak sebesar 2,5%.

Nisab Emas

Zakat emas wajib dikenakan atas kepemilikan emas yang telah mencapai nisab sebesar 20 Dinar emas (85 gram), dengan haul selama satu tahun dan kadar 2,5%. Artinya bila seorang muslim memiliki emas sebesar setidaknya 20 Dinar emas (85 gram) selama satu tahun ia wajib membayar zakat sebesar 2,5% dari jumlah emasnya tersebut minimal 1/2 Dinar.

Emas yang tidak terpakai

Yang termasuk dalam kategori ini adalah emas yang tidak digunakan sehari-hari baik sebagai perhiasan atau keperluan lain (disimpan).

Contoh Perhitungan Zakat Emas yang tidak terpakai
Fulan memiliki 100 gram emas tak terpakai, setelah genap satu tahun maka ia wajib membayar zakat setara dengan 100 X 2,5 % = 2,5 gram emas.

Jika harga emas saat itu adalah Rp. 502.000 per gram maka ia dapat membayar dengan uang sebanyak 2,5 X 502.000 = Rp 1.255.000.

Sebagian emas terpakai

Emas yang dipakai adalah dimaksudkan dalam kondisi wajar dan jumlah tidak berlebihan. Atas bagian yang terpakai tersebut, tidak diwajibkan membayar zakat.

Contoh perhitungan zakat zakat emas perhiasan yang dipakai
Seorang wanita mempunyai emas 120 gr, dipakai dalam aktivitas sehari-hari sebanyak 15 gr. Maka zakat emas yang wajib dikeluarkan oleh wanita tersebut adalah 120 gr – 15 gr = 105 gr.

Bila harga emas Rp 502.000,- maka zakat zakat emas yang dipakai yang harus dikeluarkan sebesar : 105 x 502.000 x 2,5% = Rp. 1.317.750.

Nisab Perak

Zakat perak wajib dikenakan atas kepemilikan perak yang telah mencapai nisab perak adalah 200 Dirham (595 gram), haul selama satu tahun dan kadar 2,5% atau sekurang kurangnya 5 Dirham. Adapun tatacara perhitungannya sama dengan zakat emas.