Cara Menghitung Zakat Barang Temuan Zakat Rikaz (Harta Temuan)

Zakat Rikaz (Harta temuan) zakat yang dikenakan atas harta temuan. Zakat rikaz tidak disyaratkan adanya nisab. Kadar zakat rikaz sebesar 1/5 atau 20%. Zakat Rikaz ditunaikan pada saat rikaz didapat dan dibayarkan melalui amil zakat resmi.

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Rikaz(Harta Temuan)

Kalkulator Zakat Rikaz

Nilai Harta
Zakat yang dikeluarkan

Apa Itu Zakat Rikaz?

Zakat rikaz atau dikenal juga dengan zakat barang temuan adalah zakat yang wajib dikeluarkan untuk barang yang ditemukan terpendam di dalam tanah dan tersembunyi, atau yang biasa disebut dengan harta karun atau harta yang dipendam oleh manusia di dalam tanah.

Contoh zakat rikaz adalah benda-benda berharga, itu bisa saja berbentuk emas, perak atau benda lain yang berharta seperti guci, piring, marmer, logam, permata, berlian, kuningan, tembaga, ukiran, kayu dan lainnya.

Ketentuan Zakat Rikaz (Harta Temuan)

Zakat barang temuan tidak mensyaratkan baik haul (lama penyimpanan) maupun nisab (jumlah minimal untuk terkena kewajiban zakat), sementara kadar zakatnya sebagaimana telah dijabarkan di awal artikel ini dari jumlah harta yang ditemukan.

Jadi setiap mendapatkan harta temuan berapapun besarnya, wajib dikeluarkan zakatnya sebesar seperlima dari besar total harta tersebut.